Menyadari Empat Hal yang Membuat Hati Keras Menurut Imam Ibnul Qayim

2 menit baca
Menyadari Empat Hal yang Membuat Hati Keras Menurut Imam Ibnul Qayim
Menyadari Empat Hal yang Membuat Hati Keras Menurut Imam Ibnul Qayim

Imam Ibnul Qayim rahimahullah adalah seorang ulama besar yang memberikan banyak pengajaran dan nasehat tentang kehidupan spiritual. Salah satu pengajarannya adalah tentang empat hal yang dapat menyebabkan hati menjadi keras. Menurutnya, keempat hal tersebut adalah makan, tidur, berbicara, dan bergaul.

قسوة القلب من أربعة أشياء إذا جاوزت قدر الحاجة: الأكل و النوم و الكلام و المخالطة

“Empat hal yang akan menyebabkan hati menjadi keras apabila keempat hal itu melebihi batas yang diperlukan: makan, tidur, berbicara, dan bergaul.” [Al-Fawaid 145]

Imam Ibnul Qayim menjelaskan bahwa ketika kita melebihi batas yang diperlukan dalam empat hal tersebut, maka hati kita akan menjadi keras. Makan dan tidur yang berlebihan dapat membuat kita menjadi malas dan tidak produktif, sedangkan berbicara yang tidak baik dapat memicu permusuhan dan konflik yang dapat merusak hubungan dengan orang lain.

Lebih jauh lagi, bergaul dengan orang yang tidak baik dapat mempengaruhi pola pikir dan perilaku kita sehingga membuat hati kita menjadi keras dan sulit menerima nasehat dari orang lain. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk memperhatikan dan membatasi keempat hal tersebut agar hati kita tidak menjadi keras.

Kita harus memperhatikan jumlah makanan yang kita konsumsi dan waktu tidur yang kita miliki agar tetap produktif dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, kita juga harus memperhatikan kualitas dan etika berbicara kita serta memilih pergaulan dengan orang-orang yang baik dan membangun.

Dengan menyadari dan memperhatikan empat hal yang dapat menyebabkan hati menjadi keras menurut pengajaran Imam Ibnul Qayim, kita dapat menghindari dampak negatifnya dan membentuk hati yang lembut dan terbuka untuk menerima kebaikan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala dan orang lain.

Abu Nabil Al-Hasan

“Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (QS. Al-Insyirah: 6)

Lainnya

  • Membaca Al-Qur’an adalah salah satu amalan yang paling dicintai oleh Allah. Diriwayatkan oleh Khabab bin Al-Art, seorang sahabat Nabi...
  • Imam Adz-Dzahabi rahimahullah berkata, كتب حكيم إلى رجل قد أصيب بمصيبة، إنك قذ ذهب منك ما رزئت به فلا...
  • Mereka berkata kepada Abu Bakr Ash shiddiq radhiallahu ‘anhu : Wahai sahabat rasulullah, apakah rosulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dikuburkan?...
  • Imam Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan, ﻓﻜﻞ ﺑﺪﻋﺔ ﻣﻀﻠﺔ ﻓﻲ اﻟﺪﻳﻦ ﺃﺳﺎﺳﻬﺎ اﻟﻘﻮﻝ ﻋﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﺑﻼ ﻋﻠﻢ “Setiap bid’ah yang...
  • Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah mengatakan, ما انتقم أحد لنفسه الا أورثه ذلك ذلاً يجده في نفسه، فإذا عفا...
  • Imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah berkisah, «لم تَبق في زمَن الفتنة حلْقة في المسجد إلا حلْقة سعيد بن المُسيب»....

Kirim Pertanyaan