Kewajiban Utama Orang Tua

2 menit baca
Kewajiban Utama Orang Tua
Kewajiban Utama Orang Tua

Kehadiran anak-anak dalam hidup kita adalah anugerah besar yang diberikan oleh Allah Azza wa Jalla. Sebagai orang tua, kita memiliki tanggung jawab besar terhadap mereka, bukan hanya dalam urusan dunia, tetapi juga akhirat.

Dalam Islam, kewajiban utama orang tua adalah mewujudkan kebaikan dan keselamatan anak-anak mereka, baik dalam kehidupan dunia maupun di akhirat.

Syaikh Abdullah al-Bukhari hafidhahullah berkata,

و لابد أن نعلم أن مسئولية الأباء و واجبهم الأول نحو الأبناء هو صلاح آخرتهم و دنياهم

“Dan harus kita mengetahui bahwa tanggung jawab dan kewajiban yang pertama bagi para bapak terhadap anak-anaknya adalah memperbaiki urusan akhirat dan dunianya.” (Huququl Aulad ‘alal aba’ wal ummahat 13)

Tanggung jawab utama orang tua adalah memberikan pendidikan agama yang kuat kepada anak-anak mereka. Mereka harus mengupayakan bahwa anak-anak memahami nilai-nilai Islam, aqidah, etika, dan akhlak yang baik.

Ini adalah landasan yang kuat untuk mewujudkan keselamatan akhirat anak-anak. Karena Allah Ta’ala telah memerintahkan agar kita menjaga diri kita dan keluarga kita dari api neraka.

أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu.” (QS. At-Tahrim : 6)

Penjagaan dari api neraka akan terwujud dengan mengajarkan ilmu agama kepada keluarga kita.Orang tua harus menjadi teladan yang baik bagi anak-anak mereka. Tindakan, perilaku, dan nilai-nilai yang orang tua tunjukkan akan berpengaruh terhadap adab dan akhlak anaknya.

Oleh karena itu, orang tua perlu memperhatikan tindakan dan perkataan mereka sendiri. Agar dicontoh oleh anaknya. Allahu a’lam.

Abu Hanan Faozi

“Barang siapa yang keluar (rumah) untuk mencari ilmu maka dia termasuk orang yang berada di jalan Allah sampai dia pulang.” HR. At-Tirmidzi)

Lainnya

  • Syaikhul-Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah mengatakan: “Siapa yang mencintai seseorang karena nafsunya seperti halnya dia mencintai karena dunia atau kebutuhan...
  • Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah menjelaskan, إذا جاء الإنسان والإمام في التشهد الأخير يوم الجمعة؛ فقد فاتته الجمعة،...
  • Hadis yang disampaikan oleh Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam melalui Abu Hurairah membawa pesan yang mendalam tentang nilai...
  • Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah bagi umat muslim. Selain menjadi bulan yang diturunkannya Al-Quran, bulan ini juga...
  • Dalam perjalanan menuntut ilmu agama, Syaikh Shalih Alus syaikh hafidzahullah menyoroti pentingnya memiliki teman yang mendukung. Dalam penjelasannya, beliau...
  • Dari Shuhaib ar-Rumi radhiyallahu ‘anhu dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, أيما رجلٍ تديَّنَ دَيْنًا ، و هو...

Kirim Pertanyaan