Meraih Keberkahan Dengan Salam

1 menit baca
Meraih Keberkahan Dengan Salam
Meraih Keberkahan Dengan Salam

Salam, sebuah kata yang terasa sederhana namun menyimpan keberkahan besar dalam ajaran Islam. Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik radhiyallahu’anhu, Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam memberikan petunjuk penting terkait keberkahan melalui salam.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam menyampaikan,

“يا بنىَّ إذا دخلْتَ على أهلِك فسلَّمْ ، فتكون بركةً عليك وعلى أهلِ بيتِك”

“Wahai anakku, jika engkau masuk menemui keluargamu maka ucapkanlah salam. Sehingga salam tersebut akan menjadi keberkahan untukmu dan keluargamu.” (HR. At-Tirmidzi dan dihasankan oleh Syaikh al-Albani rahimahullah dalam Shahih at-Targhib 1608).

Salam bukan sekadar sapaan biasa. Dalam Islam, ucapan salam menjadi pintu pembuka keberkahan, bukan hanya dalam hubungan sosial, tetapi juga dalam lingkup keluarga.

Dalam keluarga, salam menjadi sarana untuk meraih keberkahan. Dengan mengucapkan salam saat memasuki rumah, kita berharap keberkahan akan tercurah kepada seluruh penghuni rumah.

Saat memasuki rumah, kita mengucapkan salam dengan sepenuh hati. Bukan hanya sebagai kebiasaan, tetapi sebagai upaya nyata untuk mendapatkan keberkahan. Selain itu, salam juga dapat diucapkan dalam situasi-situasi lain, seperti bertemu sesama muslim di jalan.

Petunjuk Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam menjadi pedoman berharga untuk menjadikan setiap aspek kehidupan kita penuh berkah. Mari kita mulai meraih keberkahan dengan salam, sebuah langkah penting yang dapat membawa dampak besar dalam kehidupan kita dan keluarga. Allahu a’lam

Abu Ubay Afa

“Perbanyaklah kalian mengingat kepada sesuatu yang melenyapkan semua kelezatan, yaitu maut.” (HR. At-Tirmidzi)

Lainnya

Kirim Pertanyaan